MEWUJUDKAN DESA SEJAHTERA MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA SURAJAYA

Berbicara mengenai pariwisata, orang-orang cenderung mencari hal yang baru. Persoalan indah, elok dan segala macamnya itu relatif, tapi yang tidak kalah penting adalah kenyamanan. Kita sudah memiliki modal dalam rangka mengembangkan obyek-obyek wisata di Kabupaten Pemalang seperti jaringan kita yang sudah luas, pangsa pasar sudah banyak. Tinggal bagaimana kita sendiri dalam mengelola obyek wisata yang ada.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa desa-desa di Kabupaten Pemalang salah satunya yaitu desa surajaya memiliki sumber daya alam yang luar biasa dengan berbagai potensinya baik sumber daya alamnya maupun kearifan lokalnya. Untuk daerah Kab.Pemalang Sebelah utara memiliki wilayah pantai dengan potensi wisata air dan pantai. Sebelah selatan memiliki landscape pegunungan dengan potensi wisata alam dan agro. Potensi tersebut dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

BUMDes, menjadi penggerak perekonomian pemerintahan desa. Selain itu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, yakni terbukanya bantuan dari pemerintah pusat. Untuk kemudian, bersama Dinas Pariwisata pihaknya melakukan sosialisasi supaya obyek wisata itu berkembang dengan dikelola secara profesional melalui BUMDes.
Pada bulan ini, pihaknya menerima tiga pendamping Bumdes untuk ditempatkan ditiap kecamatan. Tujuannya agar setiap perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.


“Nantinya mereka bakal mendampingi desa dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan sosial dasar, pengembangan usaha ekonomi desa seperti desa wisata. Tak hanya itu, pendamping bumdes akan melakukan peningkatan kapasitas bagi pemerintah desa dan pemberdayaan masyarakat dea,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.